8 Tips Memutihkan Gigi yang Telah Menguning

8 tips memutihkan gigi yang telah menguning – Gigi Anda mampu beralih jadi kekuningan dan bernoda abu-abu bersamaan bersama pertambahan usia. Beberapa makanan dan minuman khusus juga mampu memicu gigi bernoda dan beralih warna. Tapi tenang saja, ada banyak langkah dan usaha untuk menolong memperlambat proses tersebut. Kini, beragam product pemutih gigi juga udah ada di pasaran. Mulai berasal dari pasta gigi pemutih, gel pemutih, obat kumur, dan strip pemutih. Anda juga mampu jadikan putih gigi bersama perawatan dokter, lho. Terlepas berasal dari macam-macam product pemutih ini, ada sejumlah langkah dan bahan alami yang mampu Anda coba untuk jadikan putih gigi. Apa saja, ya?

8 Tips Memutihkan Gigi yang Telah Menguning

Pada dasarnya, gigi Anda mampu menguning karena:

1. Penipisan enamel
Lapisan terluar gigi terdiri berasal dari enamel, yang berwarna putih dan bertugas menjaga struktur di dalam gigi. Di bawah enamel terdapat lapisan jaringan bernala dentin yang berwarna kuning kecokelatan. Ketika lapisan enamel menipis, tidak heran terkecuali gigi kelihatan lebih gelap.

Makanan yang bersifat asam, penyakit pada gusi, dan penambahan usia mampu memengaruhi penipisan enamel ini. Tapi, ada juga lebih dari satu orang yang memang mempunyai enamel tipis.

2. Noda berasal dari makanan dan minuman
Makanan dan minuman tertentu, juga kopi, teh, apel, kentang, soda, hingga anggur merah mampu menodai gigi Anda. Bahkan, sejumlah makanan yang memicu noda berikut mampu pula menipiskan enamel. Akibatnya, proses perubahan gigi jadi kuning ini tambah cepat.

Rokok, tembakau, dan obat antibiotik type tetracycline dan doxycycline, terutama yang diberikan pada anak berusia di bawah 8 tahun, ternyata juga mampu memicu noda kuning dan juga gelap pada gigi Anda.

Tidak cuma itu, ada juga aspek lain yang mampu memicu warna gigi beralih jadi gelap, yaitu:

Pemakaian pasta gigi yang mempunyai kandungan fluoride secara berlebihan
Penggunaan obat kumur yang mempunyai kandungan chlorhexidine dan cetylpyridinium chloride
Masalah pada gigi, contohnya plak dan karang gigi

Cara bersihkan gigi yang kurang tepat

Obat-obatan lain, seperti antialergi dan obat untuk tekanan darah tinggi
Kondisi medis tertentu, andaikata anemia hemolitik, cedera pada gigi, dan kelainan genetik dentinogenesis imperfecta
Sebagian besar product pemutih gigi di pasaran memanfaatkan zat kimia seperti peroksida dan zat asam. Kedua senyawa berikut berisiko mengakibatkan gangguan pada keadaan gigi tertentu.
Inilah pentingnya konsultasi bersama dokter gigi sebelum saat memanfaatkan product dan melakukan prosedur pemutihan gigi.
Adapun lebih dari satu langkah jadikan putih gigi secara alami yang mampu dijalankan di rumah adalah:

1. Menjaga kebersihan gigi dan mulut
Menyikat gigi sedikitnya dua kali sehari, terutama setelah makan, merupakan keliru satu langkah jadikan putih gigi secara alami yang paling sederhana. Dengan menggosok gigi, pembentukan plak dan noda pada gigi pun mampu dicegah.8 tips memutihkan gigi yang telah menguning

Bersihkan juga sisa-sisa makanan di sela-sela gigi bersama benang gigi (dental floss) dan obat kumur. Jika Anda baru saja konsumsi makanan dan minuman yang asam, tunggu pernah sepanjang lebih dari satu selagi sebelum saat menggosok gigi.

Menggosok gigi segera setelah makan dan minum asam justru mampu melemahkan dan menghalau enamel gigi. Alhasil, risiko gigi menguning jadi lebih tinggi.
2. Memanfaatkan bahan-bahan alami di rumah
Berbagai macam bahan alami dipercaya mampu menolong menghalau noda pada gigi sekaligus menjaga enamel atau e-mail gigi. Bahan alami berikut pun dikatakan mampu memperlambat dan menghentikan proses menguningnya gigi, lebih-lebih mengembalikan warna aslinya.

Kulit pisang, cuka apel, minyak kelapa, kunyit, keju, susu, stroberi adalah lebih dari satu bahan alami yang dianggap mampu jadikan putih gigi. Tetapi, belum ada penelitian yang tunjukkan bahwa bahan-bahan ini efisien digunakan sebagai langkah pemutihan gigi. Meski begitu, sah-sah saja terkecuali Anda mengidamkan memakainya.

Cara jadikan putih gigi bersama baking soda
Baking soda atau sodium bicarbonate udah lama digunakan di dalam pasta gigi sebab mempunyai pembawaan abrasif yang mampu menghalau noda pada gigi. Dikatakan juga di dalam sebuah penelitian bahwa baking soda merupakan takaran pasta gigi abrasif yang paling lembut terkecuali dibandingkan bersama silika.

Diketahui berasal dari penelitian di dalam Journal of Clinical and Experimental Dentistry, silika dan natrium bikarbonat yang juga bersifat abrasif memang mampu menolong menghalau noda, namun tidak seefektif soda kue.
Namun, Anda tidak serampangan memanfaatkan baking soda untuk jadikan putih gigi. Penggunaan baking soda melebihi takaran yang direkomendasikan justru mampu melenyapkan enamel gigi. Lalu, berapa takaran yang disarankan?
Melansir berasal dari Dentaly.org, langkah jadikan putih gigi bersama baking soda berikut ini mungkin mampu jadi referensi Anda, yakni:
Campurkan 100 gram baking soda (kira-kira 6 – 7 sendok makan) bersama 10 – 15 tetes minyak alami dan 1 sendok teh garam, sesuai selera
Tuangkan air purifikasi atau air yang udah dimurnikan sedikit demi sedikit ke di dalam campuran baking soda tadi
Aduk hingga membentuk pasta, Anda mampu menyesuaikannya sendiri
Gunakan campuran berikut sebagai pasta gigi Anda
Baca juga: Bukan Hanya Pengembang Kue, Ini Manfaat Baking Soda

 

Cara jadikan putih gigi bersama garam dan strawberry
Stroberi mempunyai kandungan vitamin C tinggi, yang berfungsi menghancurkan plak penyebab gigi kuning. Buah beri satu ini juga kaya dapat enzim asam malat yang mampu melunturkan noda di lapisan terluar gigi Anda.

Sementara garam bertindak sebagai scrub untuk menghancurkan kotoran membandel. Jika ingin, Anda mampu beri tambahan soda kue ke di dalam ramuan ini. Berikut ini adalah langkah jadikan putih gigi bersama garam dan buah stroberi, yakni:

Haluskan 1 – 3 buah stroberi berukuran besar dan tambahkan sejumput garam laut (atau garam biasa yang Anda ada di rumah)
Tambahkan ½ sendok teh soda kue dan aduk rata hingga jadi pasta
Lap pernah gigi Anda bersama kain atau tisu bersih sesudah itu gosoklah gigi Anda bersama pasta berikut sepanjang kurang lebih 5 menit
Kumur-kumur bersama air hingga bersih
Meski mampu menghalau noda kuning pada gigi, Anda sebaiknya tidak memanfaatkan pasta ini sangat sering. Asam sitrat di dalam stroberi mempunyai potensi merusak enamel gigi.

3. Mengonsumsi makanan sehat, juga buah-buahan
Hindari makanan manis yang lengket. Sebaliknya, perbanyaklah konsumsi makanan segar, terutama buah dan sayuran. Beberapa pilihan makanan yang baik untuk menjaga tampilan gigi adalah keju, susu, sayuran hijau seperti bayam dan brokoli, dan kacang-kacangan.

Makanan tinggi serat dapat menaikkan mengolah air liur yang mampu mencuci zat-zat yang berpotensi merusak gigi. Selain itu, kurangi asupan makanan yang tinggi asam sitrat seperti jeruk dan lemon untuk menahan penipisan dan rusaknya enamel gigi.
4. Mengurangi konsumsi teh, kopi dan soda
Seperti yang udah dijelaskan sebelumnya, keliru satu penyebab gigi yang menguning adalah konsumsi kopi, teh, apel, kentang, soda, dan anggur merah. Intinya, seluruh minuman dan makanan yang mampu menempel dan menodai pakaian putih Anda, dapat membekas pula di gigi.

Untuk menahan gigi kuning, langkah paling gampang ya bersama kurangi atau jauhi konsumsi makanan dan minuman tersebut.

 

5. Berhenti merokok
Tembakau pada rokok merupakan keliru satu noda pada gigi yang sulit dibersihkan. Noda berikut dapat menembus enamel gigi. Makin lama seseorang merokok, maka noda tembakau dapat masuk lebih dalam. Hal berikut berangsur-angsur mampu memicu radang gusi, bau mulut, hingga kanker.

Cara jadikan putih gigi bersama perawatan dokter
Bila langkah dan bahan-bahan di atas belum juga memicu gigi Anda terlihat lebih putih, Anda mampu konsultasi ke dokter. Dokter gigi mungkin dapat melakukan lebih dari satu langkah menghalau gigi kuning berikut ini:
Veneer, yaitu bersama melapisi permukaan gigi memanfaatkan porselen, komposit, ataupun keramik. Hasilnya, gigi Anda dapat kelihatan lebih putih, bersih, dan berseri. Prosedur ini juga mampu dijalankan untuk melakukan perbaikan struktur gigi yang tidak rata atau berantakan. Tapi, veneer mungkin mampu rontok atau longgar, dan juga memicu gigi jadi lebih sensitif.
Cetakan pemutih yang mempunyai kandungan gel bleaching karbamid peroksida. Bentuk cetakan dapat disesuaikan bersama gigi Anda. Prosedur ini umumnya dapat Anda melakukan sendiri sepanjang 2 – 4 jam sehari. Jika digunakan secara teratur, di dalam lebih dari satu hari saja gigi dapat jadi lebih cerah hingga 1 – 2 tingkat.
Laser pemutih dijalankan bersama menembakkan sinar laser pada gigi setelah pemakaian product pemutih. Penembakkan sinar ini terjadi sepanjang kurang lebih sepanjang satu jam untuk mengaktifkan bahan pemutih.
Pemutihan gigi mampu bertahan setengah hingga setahun. Setelah itu Anda harus melakukan perawatan ulang, terutama terkecuali Anda adalah perokok dan gemar konsumsi minuman yang memicu perubahan warna gigi.