Apa Itu OEM Sebenarnya?

Banyak dari kita sering mendengar istilah OEM, tapi apa itu OEM? Original Equipment Manufacturer (OEM) adalah perusahaan yang memproduksi suku cadang dan peralatan yang mungkin dipasarkan oleh produsen lain. Misalnya, Foxconn, perusahaan elektronik Taiwan, memproduksi suku cadang dan peralatan untuk perusahaan lain termasuk Apple, Dell, Google, Huawei, dan Nintendo.

Istilah ini juga digunakan dalam beberapa cara lain, yang menyebabkan ambiguitas. Kadang-kadang berarti pembuat sistem yang mencakup subsistem perusahaan lain, produsen produk akhir, suku cadang otomotif yang diproduksi oleh perusahaan yang sama yang memproduksi suku cadang asli yang digunakan dalam perakitan mobil, atau pengecer bernilai tambah.

Original Equipment Manufacturer vs. Value-Added Reseller

Pada dasarnya, Pengecer Nilai Tambah atau VAR menjual produk dari OEM tetapi menggabungkan fitur tambahan tertentu sebelum melakukannya. Keduanya berbagi hubungan yang saling menguntungkan, karena VAR membantu OEM menjual produk mereka dan OEM mempercayakan produk mereka kepada VAR, memungkinkan mereka menjualnya dengan lebih banyak fitur yang akan meningkatkan pengoperasian produk.

Original Equipment Manufacturer vs. Aftermarket

Sementara Produsen Peralatan Asli memproduksi peralatan asli, produsen purnajual, sebaliknya, membuat produk yang dibuat agar terlihat dan berfungsi secara bergantian dengan produk OEM.

Sederhananya, suku cadang bukanlah produk asli karena dibuat oleh perusahaan, berbasis lokal atau asing, tanpa persetujuan dari OEM untuk memproduksi produk tersebut. Meskipun biasanya lebih murah, produk tersebut tidak dijamin dapat berfungsi sebaik produk OEM.

Contoh OEM

Untuk menggambarkan dengan lebih baik bagaimana OEM bekerja, mari kita pertimbangkan sebuah contoh OEM. Katakanlah Perusahaan A sedang membuat kartu memori. Mereka tidak hanya akan menghasilkan satu jenis produk tetapi beberapa versinya, yang kemudian, pada gilirannya, dijual ke berbagai produsen / pengecer komputer. Perusahaan tersebut adalah reseller nilai tambah yang memasarkan langsung ke publik.

Karakteristik Lain dari OEM

  1. OEM menjual lisensi

OEM biasanya menjual lisensi produk untuk menggunakan suku cadang mereka ke pengecer bernilai tambah yang mereka pasarkan.

  1. OEM untuk perangkat keras

Perangkat keras dapat dengan mudah dibeli dari internet, baik dari produsen produk eceran atau melalui OEM. Namun, perangkat keras OEM biasanya dikirimkan dengan suku cadang yang tidak lengkap seperti kabel dan adaptor yang diperlukan untuk pemasangan dan pengoperasian perangkat keras.

  1. OEM untuk perangkat lunak

Perangkat lunak OEM, seperti perangkat keras, biasanya tidak disertai dengan banyak hal, kecuali perangkat lunak dasar dan kunci lisensinya.

Manfaat Membeli Produk OEM

Berikut adalah beberapa manfaat membeli produk OEM:

  1. Kualitas bagus

Dan kenapa tidak? Bagaimanapun, produk OEM adalah produk yang sama yang diproduksi oleh pabrikan aslinya. Meskipun ada versi yang lebih murah, harga produk OEM mencerminkan kualitasnya.

  1. Daya tahan

Produk semacam itu biasanya tidak hanya berkualitas baik tetapi juga tahan lama. Misalnya, saat membeli ban serep, ban OEM biasanya lebih baik daripada membeli ban aftermarket karena dapat dipastikan bahan yang digunakan untuk membuatnya.

  1. Umur

Suku cadang OEM seringkali memiliki umur yang lebih lama daripada suku cadang aftermarket.