Cara Cek Bansos SIKS Kemensos go id

Cara Cek Bansos SIKS Kemensos go id – Dimasa yang sedang sulit ini, tentunya yang namanya bansos adalah hal yang sangat sering kita dengar dari pemerintah. Ya, bansos meman salah satu program pemerintah yang ditujukan untuk membantu para masyarakatnya yang kurang mampu atau mungkin terdampak dari suatu bencana yang tidak terduga. Salah satunya adalah dimasa pandemic COVID-19 ini yang melanda Indonesia dari awal tahun.

Moeldoko yang merupakan Kepala Staff Keperesidenan menuturkan, paket bansos yang dibagikan berisi beras, minyak goreng, sarden, mi instan senilai kira-kira Rp 300.000. Total kuantitas paket yang bakal diberikan sebanyak 60.000 dan diberikan secara bertahap kepada korban PHK, pedagang, pekerja seni, pengemudi ojek online, penjual koran dan sebagainya yang berdomisili wilayah Jabodetabek dan berdasarkan information yang telah diverifikasi oleh Kementerian Sosial.

Dalam bagian pertama ini sebanyak 15.000 ribu paket yang bakal dibagikan dalam rentang kala dua minggu untuk 200 komunitas masyarakat.

“Ini bukti keseriusan pemerintah memberikan layanan terhadap warga yang terdampak Covid-19, negara hadir dalam usaha penanganan pandemi ini,” kata Moeldoko.

Dia menambahkan, pemerintah mempunyai tiga trick utama dalam mengatasi pandemi Covid-19 ini. Pertama, dalam konteks kesehatan, pemerintah berusaha agar tidak terjadi masalah yang konsisten meningkat dan asyarakat perlu dalam situasi aman.

Kedua, penduduk perlu bisa makan. Untuk itu, pemerintah memastikan program perluasan bantuan sosial dan jaring pengaman sosial.

Ketiga, lanjut Moeldoko, penduduk perlu tetap bisa berusaha. Secara khusus, pemerintah menolong pengembangan UMKM di era pandemi ini.

Namun, masih banyak terjadi kebingungan, bagaimana cara cek bansos SIKS Kemensos go id untuk mengehtahui apakah Anda terdaftar dalam orang yang menerima paket bansos dari Kemensos.

Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) adalah sistem informasi yang terdiri berasal dari beberapa komponen yaitu pengumpulan, pengolahan, penyajian dan penyimpanan knowledge kesejahteraan sosial yang dilaksanakan secara berjenjang dan berkesinambungan.

Dengan aplikasi ini, dikehendaki berbagai program pemberian sosial kesejahteraan pas pada sasaran sesuai dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), knowledge kemiskinan yang udah diverifikasi dan divalidasi oleh Kemensos dengan Pemerintah Daerah.

Aplikasi ini tidak cuman sanggup dibuat untuk menghasilkan knowledge ringkasan (resume) layaknya rekapitulasi, tampilan Web GIS juga menampilkan knowledge hasil perbaikan/pengusulan yang dilaksanakan oleh operator di aplikasi berbasis offline dan memprosesnya lebih lanjut sampai menghasilkan (generate) Surat Pengesahan Dinas

Sosial setempat langsung berasal dari Sistem Aplikasi.

Selain itu hasil update tiap-tiap daerah bakal juga sanggup langsung diunduh filenya setelah selesai difinalisasi datanya untuk masing-masing periode, Pemindahan rumah tangga antar lokasi di dalam satu Kabupaten/Kota juga sanggup sanggup dilakukan.

Berikut ini adalah cara cek bansos Kemensos go id dari mulai tahapan download sampai ke tahap pengecekan:

Cara download aplikasi SIKS-Dataku memadai mudah, masyarakat hanya harus membuka Google Play Store bagi pengguna android kemudian cari aplikasi menggunakan kata kunci “SIKS-Dataku” Kementerian Sosial Republik Indonesia. Kemudian tekan tombol Instal. Aplikasi bakal terinstal otomatis di smartphone Anda. Dengan menginstal aplikasi tersebut publik bisa bersama dengan mudah untuk cek status kepesertaan Bansos. Berikut langkah cek status kepesertaan Bansos di aplikasi SIKS-Dataku:

  1. Buka aplikasi
  2. Pilih menu Cek Bansos
  3. Pilih ID – (Contoh: Pilih NIK)
  4. Masukan NIK Ketik nama yang tercantum di KTP
  5. Konfirmasi CAPTCHA
  6. Tekan tombol Cari Keterangan Bansos

Anda bakal ditampilkan Publik hanya bisa membuka rekapitulasi dan progres pemutakhiran. Untuk menu login hanya diberikan kepada pemangku kepentingan supaya kerahasiaan informasi terjaga.
Cukup mudah bukan dalam melakukan cek bansos SIKS Kemensos go id?