Cara Cek IP Address

Jaringan, dan internet, tidak mengidentifikasi komputer (dengan ukuran berapa pun, bahkan ponsel cerdas Anda) dengan nama yang Anda berikan. Komputer lebih menyukai angka, dan angka yang mereka gunakan sebagai pengenal disebut alamat IP.

“IP” adalah singkatan dari “internet protocol”, yang merupakan bagian dari Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TPC / IP). Semuanya disebut IP singkatnya, dan TCP / IP adalah bahasa yang digunakan untuk komunikasi oleh sebagian besar jaringan.

Ketika datang ke komputer Anda, sebenarnya ada beberapa alamat IP yang terlibat. Salah satunya adalah bagaimana komputer berbicara ke internet pada umumnya, yang merupakan alamat IP router Anda. Alamat IP tersebut biasanya ditetapkan ke router oleh penyedia layanan internet (ISP) Anda; router pada gilirannya menangani semua lalu lintas dari komputer Anda ke internet. Jadi meskipun situs web hanya melihat permintaan yang masuk dari alamat IP di router, router tahu cara merutekan informasi ke / dari komputer. (Itulah mengapa ini disebut router.)

Komputer di jaringan internal, baik itu Wi-Fi atau Ethernet, di rumah atau di kantor, memiliki alamat IP sendiri yang ditetapkan kepadanya (biasanya oleh router). Dengan begitu, semua node di jaringan internal juga dapat berkomunikasi. Protokol yang digunakan oleh router untuk menetapkan alamat IP disebut Dynamic Host Control Protocol (DHCP).

Jika Anda memiliki alamat IP yang ditetapkan, biasanya ini dianggap sebagai “IP dinamis” karena bisa jadi bersifat sementara; router mungkin memberikan node tersebut alamat IP yang berbeda di lain waktu (sama dengan alamat IP yang diberikan ISP Anda pada router Anda). Namun, Anda dapat mengatur “alamat IP statis” di komputer sehingga tidak pernah berubah — ini penting untuk beberapa jenis komunikasi jaringan, terutama jika penting untuk dapat menemukan node yang sama berulang kali. Anda juga bisa mendapatkan IP statis untuk router Anda — yang berguna jika Anda menjalankan server web, misalnya, tetapi ISP Anda akan mengenakan biaya tambahan.

Alamat IP biasanya dalam format yang sama dengan angka 32-bit, ditampilkan sebagai empat angka desimal masing-masing dengan rentang 0 hingga 255, dipisahkan oleh titik — setiap kumpulan tiga angka disebut oktet. Ini disebut IP versi 4 (atau IPv4). Dengannya, Anda bisa — secara teori — memiliki 0.0.0.0 hingga 255.255.255.255 di luar sana. Tetapi ini membatasi dunia pada kemungkinan 4+ miliar alamat IP, yang tidak cukup.

Jadi sekarang, ada IPv6, yaitu 128-bit, dan berubah dari empat menjadi 16 oktet. Itu jauh lebih dari 4 miliar — itu adalah 34 dengan 37 nol setelahnya (atau 2 pangkat 128). Secara teknis, 340.282.366.920.938.463.463.374.607.431.768.211.455. Itu alamat IP yang banyak.

Itu semua bagus untuk diketahui, tetapi bagaimana cara cek IP address?

Cara Cek IP Address Public

Mungkin ada saatnya Anda perlu mengetahui alamat IP router Anda, seperti yang ditetapkan oleh ISP Anda. Ini bisa sangat berguna untuk hal-hal seperti panggilan VoIP atau perangkat lunak remote control.

Yang juga akan Anda temukan adalah ada banyak informasi tentang Anda yang dilampirkan ke alamat IP itu, khususnya nama ISP Anda dan lokasi umum Anda (disebut GeoIP). Itu karena ISP membagikan berbagai alamat IP. Mencari tahu penyedia dan lokasi umum Anda berdasarkan alamat IP semudah melihat daftar publik.

Cara cek IP address public termudah router Anda adalah dengan mencari “apa IP saya?” di Google.

Namun dengan Google, hanya itu yang Anda lihat. Ada banyak situs di luar sana yang akan menunjukkan hal yang persis sama. Mereka melihatnya hanya karena dengan mengunjungi situs tersebut, router Anda telah membuat permintaan, dan dengan demikian menunjukkan alamat IP. Situs-situs seperti WhatIsMyIP.com, IPLocation, dan WhatIsMyIPAddress.com semuanya melangkah lebih jauh, memamerkan nama ISP Anda, kota Anda (jika Anda tidak tahu di mana Anda berada), dan terkadang bahkan peta.

Tetapi info GeoIP jauh dari sangat mudah. Umumnya, Anda akan mendapatkan perkiraan lokasi — di mana penyedia berada, bukan komputer sebenarnya. Saat mengunjungi ketiga situs tersebut, saya diberi tahu bahwa saya berada di Ithaca, New York, dan Syracuse, New York. Satu memberi garis lintang / bujur yang menempatkan saya di Carolina Utara (yang mungkin merupakan tempat ISP saya memiliki pusat data, sejauh yang saya tahu). Pastikan untuk keluar dari layanan VPN Anda juga. Mendapatkan alamat asli untuk alamat IP publik biasanya membutuhkan surat perintah penggeledahan yang dibawa ke ISP.

Cara Cek IP Address Internal

Setiap perangkat yang terhubung ke jaringan internal Anda, baik itu di rumah atau kantor, memiliki alamat IP (PC Anda, ponsel cerdas Anda, TV pintar Anda, printer jaringan Anda, dll.) Tidak masalah jika menggunakan Wi-Fi atau Ethernet. Mereka semua mendapatkan alamat IP jika mereka berbicara ke internet, atau satu sama lain, melalui router Anda.

Di jaringan paling dasar, router Anda akan memiliki alamat IP seperti 192.168.0.1, dan itu akan disebut “gateway”. Anda akan melihatnya banyak muncul saat Anda mencari alamat IP perangkat lain. Itu biasanya berarti router Anda akan menggunakan DHCP untuk menetapkan alamat ke perangkat, di mana hanya oktet terakhir yang berubah. Jadi 192.168.0.101, atau 192.168.0.102, misalnya. Itu tergantung pada kisaran yang ditentukan oleh router Anda.

Ini hampir sama di semua jaringan internal, karena mereka tersembunyi di balik router, yang mengarahkan semua komunikasi itu masuk dan keluar ke tempat yang tepat. Jika Anda memiliki jaringan internal yang besar, nomor lain yang disebut subnet akan membantu membagi jaringan Anda menjadi beberapa grup. Subnet mask yang digunakan oleh sebagian besar jaringan rumah adalah 255.255.255.0.

Jadi bagaimana Anda cek IP Address Internal? Di Windows, itu mudah tetapi membutuhkan prompt perintah. Cukup cari “cmd” (tanpa tanda kutip) menggunakan pencarian Windows. Di kotak pop-up yang muncul, ketik “ipconfig” (tanpa tanda kutip).

Apa yang terungkap lebih dari sekedar alamat IP: Anda akan melihat Alamat IPv4, subnet mask, ditambah Default Gateway (itu adalah router Anda). Lihat di atas baris data di tengah, dan itu menunjukkan jenis koneksi: “Ethernet adapter Ethernet.” Jika saya menggunakan Wi-Fi, itu akan memiliki informasi di bawah “Wireless LAN adapter Wi-Fi.”

Alamat IP iPhone Di Mac, ini sedikit kurang esoteris. Buka System Preferences, pilih Network, dan seharusnya ada di sana. Klik jenis koneksi di sebelah kiri untuk melihat IP setiap jenis. Anda mungkin perlu mengklik tab TCP / IP di bagian atas. Atau Anda dapat menjadi geek penuh dan membuka Terminal dan mengetik “ipconfig” seperti di Windows.

Pada iPhone, buka Pengaturan> Wi-Fi, dan klik “i” dalam lingkaran di samping jaringan yang Anda gunakan. Alamat IP, subnet, dan router (gateway) semuanya akan ada di bawah tab DHCP.

Namun, jika Anda memerlukan alamat IP perangkat lain di jaringan Anda, Anda harus masuk ke router. Bagaimana Anda mengakses router Anda tergantung pada merek dan perangkat lunak yang dijalankannya. Secara umum, Anda harus dapat mengetikkan alamat IP gateway router ke browser web di jaringan yang sama untuk mengaksesnya. Dari sana, Anda perlu menavigasi ke sesuatu seperti “perangkat yang terpasang” (itulah yang saya dapatkan di Netgear Nighthawk saya, gambar di bawah). Dari sana, Anda akan mendapatkan daftar lengkap semua perangkat yang saat ini (atau baru-baru ini) terpasang ke jaringan — dan daftar itu mencakup alamat IP yang ditetapkan untuk setiap perangkat.