cara membuat voucher hotspot harian mikrotik tanpa menggunakan user manager

Cara membuat voucher hotspot harian mikrotik tanpa menggunakan user manager – Bagi kamu yang tengah mencari langkah setting mikrotik untuk menyebabkan WiFi hotspot sistem voucher maka ini adalah tutorial lengkap yang kamu cari. Ini adalah langkah paling enteng menyebabkan hotspot di mikrotik yang dapat diterapkan disemua jenis dan jenis mikrotik, berasal dari yang jadul sampai versi terbaru. Itu bermakna kamu dapat menggunakan perangkat mikrotik yang tidak mensupport fitur userman layaknya pada tutorial sebelum nya untuk menyebabkan wifi hotspot.

Kamu tidak perlu mengaktifkan radius server (userman) dan hanya perlu menggunakan aplikasi tambahan hotspot user manager layaknya “mikhmon” untuk memudahkan menyebabkan menyesuaikan list user hotspot. Mikhmon bukanlah cuma satu aplikasi yang dapat digunakan untuk memanage user list hotspot,kamu dapat menggunakan aplikasi lain atau tanpa menggunakan aplikasi . Dengan mikhmon kamu dapat melaksanakan perihal yang sama layaknya waktu menggunakan userman layaknya menyebabkan paket dan mencetak voucher wifi hotspot.

Apa Bedanya Userman dan Mikhmon?

cara membuat voucher hotspot harian mikrotik tanpa menggunakan user manager Secara fungsional keduanya terlihat sama,tapi secara tekhnis keduanya sangat berbeda. cara kerja lupa password mikrotik userman dan mikhmon USERMAN- Merupakan radius server yang digunakan oleh fitur hotspot di mikrotik untuk melaksanakan sistem authentifikasi pada user yang bakal konek ke hotspot mu. Didalam radius server terkandung database untuk menampung user hotspot mu,ketika user inginkan konek ke hotspot maka user bakal diverifikasi oleh radius server dan dicocokan apalah username dan password yang dimasukan user sesuai bersama dengan yang ada di database radius server userman.

MIKHMON- Bukan radius server layaknya userman,mikhmon sekedar aplikasi yang fungsinya untuk mempermudah dalam mengelola userlist,profile hotspot dan juga penambahan fitur lain layaknya mencetak userlist yang ada di mikrotik kedalam bentuk voucher. Persis layaknya winbox,bedanya mikhmon hanya untuk memanage fitur hotspot saja. User yang terkoneksi ke hotspot tanpa radius server (userman) datanya bakal dicocokan bersama dengan knowledge yang ada di user list hotspot. Inilah mengapa mikhmon tidak perlu selalu online dan dapat diinstall dimanapun,karena sebetulnya mikhmon bukan radius server layaknya userman.

Kelebihan dan kekurangan membuat voucher

Userman berfungsi sebagai radius server dan user manager sedang Mikhmon hanya berfungsi sebagai user manager. User manager adalah makna untuk aplikasi yang berfungsi untuk memanage/mengatur user sehingga memudahkan waktu setting mikrotik.

  • Mikhmon sebagai solusi untuk mikrotik bersama dengan spek rendah yang inginkan menyebabkan voucher hotspot
  • Mikhmon tidak perlu aktif 24jam,karena bukan radius server layaknya userman yang perlu aktif 24jam
  • Userlist mikhmon hanya dapat digunakan di satu router lokal,sedangkan database user userman dapat dipakai oleh router lain yang terkonek.
  • Mikhmon tidak dapat digunakan untuk menyebabkan voucher wifi terpusat,sedangkan database userman dapat digunakan untuk menyebabkan sistem voucher terpusat.

Misalnya kamu memiliki 10 cabang hotspot bersama dengan 10 router client yang terkonek ke satu router pusat,dengan userman kamu hanya perlu menyebabkan satu radius server (termasuk satu database user dalam nya) di router pusat dan menyesuaikan sehingga fitur hotspot di 10 router client untuk menggunakan radius server pusat.

Secara otomatis 10 router client cabang bakal menggunakan database user yang ada di server radius pusat sehingga user dapat menggunakan voucher mu di 10 cabang tersebut. Kalau kamu menggunakan Mikhmon tidak dapat layaknya ini dikarenakan mikhmon hanya memanage userlist hotspot yang hanya dapat dipakai oleh router itu sendiri. Kamu saat ini telah tau perbedaan dan juga kelebihan dan kekurangan mikhmon,jadi menggunakan mikhmon ataupun userman sesuai bersama dengan keperluan mu.

Cara membuat voucher hotspot harian mikrotik tanpa menggunakan user manager

Pastikan kamu memiliki alat bersama dengan spek yang menolong sehingga sistem voucher wifi hotspot mu terjadi bersama dengan lancar.

1.Internet Unlimited

Dimanapun kamu langganan internet pastikan paket yang kamu ambil adalah paket unlimited,unlimited disini bermakna tidak ada batasan atau quota untuk waktu ataupun volume download.
Batasan waktu berbentuk jam menit detik sedang batasan volume berbentuk byte/bit yang kebanyakan ditulis dalam ukuran Kilo,Mega,Gita,Tera. Jangan sampai internetmu gak jalan dikarenakan internet yang kamu pakai ternyata tidak unlimit ini bakal berakibat tidak baik pada reputasi bisnismu.

2.Router

Fungsi utama router adalah membagi atau sharing internet ke perangkat lain, ada banyak jenis router layaknya wireless router, routerboard, computer router atau router yang lain.
Kamu perlu router bersama dengan merek mikrotik yang handal, tidak mahal dan enteng disetting sehingga banyak digunakan untuk membangun jaringan.

  • Router Mikrotik
    Router mikrotik inilah yang nantinya bakal disetting untuk membagi internet dan sebagai otak sistem voucher yang bakal kamu buat,tanpa mikrotik kamu tidak dapat menyebabkan sistem voucher.
    Untuk hotspot kecil-kecilan 20an client kamu dapat menggunakan Mikrotik RB750G R3 yang dapat kamu dapatkan jadi Rp 790.000,- di Bukalapak.

3.Wireless AP

Wireless Access Point atau yang sering disebut AP merupakan alat yang digunakan untuk pancarkan signal WiFi dan menjadikan area disekitarnya menjadi hotspot sehingga perangkat bersama dengan fitur WiFi dapat tersambung ke internet lewat hotspot yang kamu buat.

  • Wireless AP UniFi
    Ada banyak merek AP berasal dari yang tidak mahal sampai murahan,tapi jikalau kamu inginkan membangun usaha yang kredibel saya menyarankan untuk menggunakan AP merek ubiquiti bersama dengan seri UniFi.
    Saya menggunakan UniFi untuk wifi kantor yang dipastikan dapat menghandle banyak client dan dipastikan internet selalu jalan kendati dalam situasi ramai.
    AP kebanyakan bakal mengalami interferensi jikalau ada banyak kerumunan pengguna HP di lebih kurang hotspot sehingga internet down dah hotspot mu gak bakal jalan.
    Saya telah menyebabkan petunjuk langkah menentukan seri UniFi sehingga kamu dapat menentukan seri UniFi seuai keperluan dan kapasitas hotspot yang bakal kamu buat.
    Saya menggunakan merek UniFi dikarenakan telah menolong teknologi MU-MIMO yang bakal kerasa banget bedanya waktu pengguna hotspot mu banyak, jikalau kamu inginkan menggunakan merek lain silahkan cari AP yang telah memiliki fitur MU-MIMO.

4.Printer dan Kertas

Kamu bakal perlu printer dan kertas untuk mencetak kode voucher WiFi hotspot sehingga karyawan atau orang lain selalu dapat menjajakan voucher kapanpun tanpa perlu mengakses router.

Cara membuat voucher hotspot harian mikrotik tanpa menggunakan user manager

Kamu perlu men setting mikrotik sehingga konek ke internet sebelum melaksanakan settingan lain.
Cukup bersama dengan mengaktifkan fitur NAT otomatis mikrotik mu dapat sharing koneksi internet ke perangkat lain di jaringan.

share internet bersama dengan fitur NAT

Untuk mengaktifkan internet sharing/NAT pada mikrotik caranya :
 Klik pada menu IP > Firewall > NAT > klik isyarat + warna biru
 Chain menentukan Srcnat ,out interface menentukan port yang mengakses ke internet
 Klik tab action > pada action menentukan masquerade > klik OK
Pada gambar diatas saya menempatkan IP 192.168.8.1/24 di interface/port 2 yang bakal dipakai oleh hotspot.
Sedangkan untuk port 1 menggunakan IP yang diberikan oleh ISP, yang terkonek ke internet.

Langkah pertama:
Aktifkan API,NTP dan Update Mikrotik
Update Mikrotik
Setelah kamu berhasil setting mikrotik untuk mengakses internet, maka kamu perlu melaksanakan update bersama dengan segera.

Kenapa?
Tentu sehingga routermu safe berasal dari hacker dan juga dapat menggunakan fitur terakhir baiknya diupdate dulu.
Ada dua langkah untuk mengupgrade router mikrotik, silahkan menentukan salah satu yang paling bisa.

Cara Pertama
 Login ke mikrotik menggunakan winbox
 Klik menu quick set > Check For update
 Pada channel menentukan stable
 Jika versi mikrotikmu di bawah versi stable maka bakal terlihat tombol download&update
 Kamu klik dan menanti sistem download selesai
 Router bakal minta reboot
update mikrotik

Cara Kedua
Untuk router jadul/ versi lama maka menu diatas belum ada.
Menu updat ebisa dibuka berasal dari system > packages >check for update > menentukan stable pada channel > klik download & install
cara alternatif update mikrotik
Router bakal otomatis restart bersama dengan sendirinya, ditunggu saja bersama dengan sabar ya.
Update Firmware Mikrotik
Setelah mikrotik diupdate kadang tambah ada yang tidak tampil/ngebug.
Ini disebabkan dikarenakan firmware mikrotik belum diupdate ke versi terbaru.

Cara upgrade firmware mikrotik:

Klik menu system > RouterBOARD >
Lihat pada current dan upgrade firmware, jikalau versi current nya lebih rendah maka klik upgrade.
Restart router untuk penerapan berasal dari menu system >reboot
upgrade firmware mikrotik
Aktifkan NTP
Jam di routermu tidak boleh ngaco dan perlu up to date dikarenakan menjadi patokan untuk sistem voucher hotspot mu.

Kamu perlu setting mikrotik sehingga menggunakan fitur NTP untuk konsisten mengupdate jam router secara otomatis dan konsisten menerus.
Jika NTP belum terinstall,ikuti petunjuk langkah install package NTP mikrotik

Ikuti langkah di bawah ini sehingga jam mikrotik mu terupdate secara otomatis :
setting jam otomatis mikrotik
 Login ke mikrotik mu menggunakan winbox
 Klik menu system >NTP client/SNTP > centang enable >mode menentukan unicast
 Pada primary NTP server mengisi pool.ntp.org
 sedangkan pada secondary NTP server mengisi id.pool.ntp.org
 jangan kaget dikarenakan bakal berumah menjadi IP
 klik ok untuk menyimpan

Setelah NTP server kamu setting maka kamu saat ini perlu mengeset jam di mikrotikmu,kamu hanya perlu menentukan timezone yaitu Asia/jakarta atau GMT +07 dan secara otomatis jam router mikrotikmu bakal terupdate bersama dengan sendirinya.

Aktifkan API Mikrotik
Mikhmon menggunakan API mikrotik untuk melaksanakan pengaturan pada userlist hotspot mikrotik, maka pastikan pelayanan API mikrotikmu telah aktif

  • setting akses API mikrotik

 Buka winbox selanjutnya masuk ke menu IP> Services
 Pastikan API telah ter-enable/aktif yang ditandai bersama dengan titik hijau.
 Jika belum maka klik di API kemudian klik isyarat centang