Cara Memotong Gambar Di Photoshop Penjelasan Lengkap

cara memotong gambar di photoshop Cara crop foto di Photoshop harus kamu ketahui kecuali inginkan mencetak foto atau gambar cocok yang kamu inginkan tanpa pergi ke jasa profesional. Proses cropping atau memotong foto/gambar pun telah difasilitasi oleh Adobe Photoshop di seluruh versi.

Jadi, kamu dapat laksanakan cara crop foto di Photoshop CS3, CS6, atau versi-versi lainnya hanya bersama dengan manfaatkan sebagian fitur standar.

Cara Memotong Gambar Di Photoshop Dengan Mudah

Cara crop foto di Photoshop CS3 dan versi lainnya juga sangat bermanfaat bagi yang hendak mengedit ukuran tepat foto menjadi dari 2×3, 3×4, 4×6, atau ukuran apapun. Selain itu, sistem cropping ini dapat diterapkan untuk mengedit cocok wujud foto/gambar yang dikehendaki.cara memotong gambar di photoshop

Apa yang harus ditunaikan untuk memotong foto/gambar cocok wujud atau ukuran ini?

Silakan instal pernah aplikasi Photoshop. Misal kamu berkenan menerapkan cara crop foto di Photoshop CS6, yang diinstal tentu aplikasi cocok versinya itu.

Biasanya yang menjadi pertimbangan menginstal aplikasi Photoshop adalah kapasitas file instalasi dan kompatibilitasnya bersama dengan perangkat laptop/PC.

Pemakaian Photoshop pun saat ini dimudahkan bagi yang tidak inginkan menambah beban kapasitas dan performa perangkatnya, yaitu bersama dengan adanya Photoshop Portable.

Dan sebetulnya disarankan Mengenakan versi ini kecuali penggunaan Photoshop hanya untuk sistem editing standar seperti cropping, resizing, dan lain-lain.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Background Foto yang Mudah Diikuti oleh Orang Awam

Cara Crop Foto di Photoshop untuk Ukuran 2×3, 3×4, dan 4×6

Kali ini kami akan mengulas cara crop foto di Photoshop baik yang cocok ukuran (2×3, 3×4, 4×6, dan lain-lain), maupun yang berdasarkan bentuknya. Simak langkah-langkahnya berikut:

1. Buka aplikasi Photoshop.

2. Buka file foto/gambar.

3. Klik menu Crop yang letaknya di Tools Box sebelah kiri. Kalau berkenan cepat, tekan saja tombol C. Setelah itu, klik Size & Resolution.

4. Silakan mengatur ukuran yang kamu inginkan. Jika inginkan 2×3, atur saja di menu tersebut. Begitu juga kecuali berkenan memformatnya di dalam ukuran 3×4, 4×6, atau yang lain. Proses pengaturan ini dapat kamu atur di dalam satuan inci atau cm. Untuk tepat foto, manfaatkan saja satuan cm.cara memotong gambar di photoshop

 

5. Kalau sudah, atur posisi foto/gambar cocok yang kamu inginkan. Pastikan posisinya proporsional.

6. Tekan sinyal panah paling atas di Tools Box, atau segera saja tekan Enter.

7. Selesai! Jangan lupa simpan foto/gambar berikut di dalam format .PSD (sebagai master) dan simpan juga di dalam format .JPG atau .PNG. Kamu dapat menyimpannya di dalam beraneka format ukuran menjadi dari 2×3, 3×4, 4×6, dan seterusnya.

Photoshop merupakan aplikasi edit foto/gambar yang diandalkan oleh hampir seluruh orang menjadi dari yang amatir sampai yang profesional.

Bisa dibilang, fitur-fiturnya sebetulnya sangat lengkap dan mencukupi apa yang diinginkan para fotografer pemula dan profesional. Serunya lagi, kecuali kamu telah jadi biasa bersama dengan aplikasi ini, dijamin akan terasah dan jadi canggih.

Salah satu tehnik dasar yang harus kamu kuasai kecuali adalah cropping foto/gambar. Kamu telah mengenal cara meng crop foto di Photoshop untuk sebagian ukuran standar yang biasa dipakai di tepat foto. Selanjutnya, kami akan menguraikan bagaimana cara memotong cocok bentuknya.cara memotong gambar di photoshop

Cara meng crop foto di Photoshop cocok bentuknya ini ditunaikan kecuali kamu hanya inginkan mengambil alih satu atau sebagian objek tertentu, menghalau backgroud, dan mungkin inginkan diolah ke gambar/media lainnya.

Hasil cropping berdasarkan wujud ini umumnya juga dimanfaatkan para desainer untuk memproduksi gambar poster atau karya-karya visual lainnya. Berhubung cara yang kami bahas ini dimaksudkan untuk pemula, kamu hanya harus menyadari dasar-dasarnya.

Untuk sesudah itu dapat kamu kembangkan sendiri bersama dengan tetap berlatih dan membiasakan diri bersama dengan beraneka fitur yang di sajikan oleh aplikasi Photoshop.

Langsung saja review cara crop cocok wujud foto/gambar di bawah ini:

1. Buka aplikasi Photoshop.

2. Buka file foto/gambar yang akan di-crop.

3. Silakan klik menu Quick Selection Tool yang letaknya di Tools Box sebelah kiri. Klik kanan dan ada 2 pilihan ada yaitu Quick Selection Tool dan Magic Wand Tool. Keduanya dapat kamu manfaatkan cocok fungsinya. Untuk yang pertama, metode ditunaikan semi-otomatis, yaitu bersama dengan klik di anggota terluar objek gambar dan meneruskannya ke sepanjang garis objek.

4. Jika foto/gambarmu kebetulan memiliki background polos, dapat segera pilih Magic Wand Tool. Hasil yang rapi dari Quick Selection Tool dan Magic Wand Tool sama-sama akan seperti ini:

5. Ada garis-garis tidak tebal di sepanjang wujud objek foto/gambar, sesudah itu klik dan tahan, dapat kamu pindahkan ke tab baru. Kalau berkenan menghalau background atau hanya mengambil alih objek utamanya, tekan saja Delete. Hasilnya seperti ini:

6. Selesai!

Mudah, ‘kan? Itulah cara crop foto di Photoshop kecuali kamu hanya inginkan mengambil alih bentuknya. Terkadang yang paling sulit adalah kala foto yang hendak dipotong berdasarkan bentuknya itu memiliki background yang rumit.cara memotong gambar di photoshop

Alhasil, cara satu-satunya adalah menerapkan Quick Selection Tool dan meletakkan titik seleksi secara hati-hati dan cermat.

Tips Penting Cara Crop Foto di Photoshop
Untuk cara crop foto di Photoshop berdasarkan ukuran, pastikan kamu telah mengatur kualitas warnanya. Photoshop telah sediakan menu otomatis untuk pengaturan warna yang tidak akan menyulitkanmu untuk hasil yang lebih tajam.

Selain itu, sebagian tips mutlak berikut harus kamu terapkan:

Pada kala laksanakan sistem Quick Selection Tool, jangan sampai ada titik yang terlewat gara-gara secara otomatis garis cropping akan terbentuk dan umumnya tidak presisi.
Kalau kamu berkenan laksanakan cropping bersama dengan laptop, gunakanlah mouse sehingga navigasi pada kala sistem seleksi objek tidak susah. Pasalnya, penggunaan touchpad laptop sangat sulit kecuali diterapkan untuk sistem tersebut.
Kamu selamanya dapat ulangilah sistem seleksi objek, namun risikonya adalah ulangilah dari awal. Artinya, pastikan selamanya fokus sepanjang mengerjakan sistem seleksi objek.
Khusus untuk format foto ukuran 2×3, 3×4, 4×6, atau yang lain, pastikan resolusinya adalah 300 piksel/inci. Jangan sampai kurang gara-gara dikhawatirkan gambarnya pecah-pecah.
Terakhir, pastikan selamanya menaruh file foto/gambar sehabis sistem seleksi atau cropping selesai.
Sebelum Mencetak Foto/Gambar Hasil Cropping
Sebenarnya foto/gambar yang telah kamu potong tadi dapat segera dicetak dari aplikasi Photoshop. Hal ini akan sangat efisien kecuali hendak mencetak tepat foto beraneka di dalam satu lembar kertas seumpama A4. Bagaimana caranya?

Tekan CTRL + N atau Create New.
Atur ukuran laman berdasarkan ukuran kertas yang akan kami gunakan, seumpama bersama dengan kertas A4. Rincian pengaturannya dapat dicermati di bawah ini:
Pas foto yang telah selesai tadi lantas disalin lalu ditempel ke lembaran laman baru editing tadi.
Salin tepat foto sampai mencukupi satu lembar kertas A4.
Simpan dan klik CTRL + P.
Selesai .cara memotong gambar di photoshop