Gejala Penyakit Lupus

gejala penyakit lupus – Meskipun lupus termasuk penyakit yang dapat menyerang seluruh style kelamin, Womens Health mencatat bahwa 90 prosen pasien lupus adalah wanita. Parahnya, penyakit lupus banyak menyerang wanita yang berada di dalam masa produktif. Pimpinan Division of Rheumatology plus Lupus Center di NYU Langone Health, dr. Jill Buyon mengatakan bahwa lupus adalah penyakit autoimun yang tidak dapat disembuhkan dan belum ditemukan obatnya. Untuk mengenalinya, tersebut beraneka tanda-tanda pada lupus.

Gejala Penyakit Lupus

Apa itu penyakit lupus?
Lupus adalah penyakit autoimun sistemik parah yang berjalan kala proses kekebalan tubuh menyerang jaringan dan organ Anda sendiri. Disebut parah karena isyarat dan gejalanya keluar lumayan lama, sekitar lebih dari enam minggu apalagi hingga bertahun-tahun.
Pada penyakit lupus, proses kekebalan tubuh mengalami kekeliruan. Pada orang bersama dengan penyakit lupus, proses imunnya tidak dapat membedakan mana “penyerbu” asing dari luar dan mana jaringan sehat. Akibatnya, antibodi yang harusnya diciptakan untuk melawan kuman penyebab penyakit jadi menyerang dan menghancurkan jaringan sehat di tubuh.
Kondisi ini pada pada akhirnya membuat peradangan, rasa sakit, dan kerusakan di beraneka anggota tubuh. Peradangan yang disebabkan oleh lupus umumnya dapat mempengaruhi proses tubuh termasuk persendian, kulit, ginjal, sel darah, otak, jantung, dan paru-paru.gejala penyakit lupus

Jenis-jenis penyakit lupus
Dilansir dari Lupus Foundation of America, keadaan yang termasuk disebut penyakit seribu wajah ini miliki empat style berbeda, yaitu:

Systemic lupus erythematosus
Kondisi yang satu ini merupakan bentuk paling lazim dari lupus. Gejala yang ditimbulkannya dapat ringan, dapat termasuk berat. Biasanya penyakit ini menyerang beberapa organ utama, yaitu ginjal, proses saraf dan otak, hingga jantung. Oleh, karena itu, lupus sistemik cendeung lebih parah dibandingkan bersama dengan style lupus lainnya.

Cutaneous lupus erythematosus
Pada style ini, lupus cuma menyerang kulit. Akibatnya, orang yang terkena keadaan ini akan miliki ruam luka di kulitnya. Biasanya ruam yang keluar yaitu ruam diskoid yaitu keadaan waktu kulit bersisik dan mengalami kemerahan tapi tidak menjadi gatal.

Selain itu, lupus style ini termasuk membuat ruam di pipi dan jembatan hidung. Kondisi ini dikenal sebagai ruam kupu-kupu karena bentuknya menyerupai hewan tersebut.

Selain itu, ruam dan luka lainnya dapat keluar pada wajah, mulut, hidung, vagina, leher, atau kulit kepala lebih-lebih tempat yang terpapar sinar matahari. Kerontokan rambut dan perubahan warna kulit termasuk menjadi tanda-tanda dari style lupus yang satu ini.

Lupus erythematosus akibat obat
Jenis penyakit peradangan parah yang satu ini umumnya disebabkan oleh obat tertentu. Biasanya tanda-tanda lupus yang dipicu oleh obat ini mirip bersama dengan lupus sistemik tapi jarang hingga menyerang organ-organ utama. Umumnya obat yang paling sering dikaitkan bersama dengan style lupus yang satu ini, yaitu:

Hydralazine, untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi.
Procainamide, untuk mengatasi detak jantung yang tidak teratur.
Isoniazid, untuk mengatasi tuberkulosis.
Jenis penyakit lupus yang satu ini umumnya lebih sering menyerang pria. Akan tetapi, tidak seluruh orang yang menggunakan obat ini pasti mengalami lupus. Umumnya, tanda-tanda mirip lupus akan hilang dalam waktu enam bulan sehabis pengobatan ini dihentikan.

Lupus neonatal
Jenis lupus yang satu ini sebenanya masalah langka yang menyerang bayi perempuan. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh antibodi dari ibu yang mempengaruhi bayi di dalam rahim. Saat lahir, bayi akan mengalami ruam kulit, masalah hati, atau jumlah sel darah yang rendah.

Akan tetapi, tanda-tanda ini umumnya akan hilang sepenuhnya sehabis beberapa bulan. Sebagian bayi yang lahir bersama dengan lupus neonatal termasuk dapat miliki kelainan jantung serius. Dengan kontrol yang tepat, dokter akan menunjang mengidentifikasi risiko pada ibu sehingga bayi dapat diobati sebelum saat dilahirkan.

Penyebab penyakit lupus
Selain disebabkan oleh kesalahan proses kekebalan tubuh, keadaan yang satu ini termasuk sering dipicu oleh beberapa kondisi, seperti:

Sinar matahari, paparannya dapat membuat respons anggota dalam tubuh pada orang yang rentan.
Infeksi, dapat membuat lupus atau membuat kekambuhan tanda-tanda pada beberapa orang.
Obat-obatan, dapat dipicu oleh obat-obatan tertentu. Biasanya gejalanya akan membaik kala berhenti minum obat tersebut.
Gejala penyakit lupus
Systemic Lupus Erythematosus (SLE)
Semakin cepat penyakit ini dideteksi, beraneka gejalanya dapat ditangani sedini dan seefektif mungkin. Namun, lupus kadang waktu sukar untuk didiagnosis karena isyarat dan gejalanya sering kali mirip bersama dengan penyakit lain. Berikut beraneka tanda-tanda lupus yang patut diwaspadai.

1. Ruam di wajah yang mirip kupu-kupu
Gejala lupus pada wanita yang pertama dan benar-benar khas adalah ruam kulit di wajah. Biasanya, ruam akan keluar layaknya kupu-kupu, memanjang dari tulang hidung, ke dua pipi, hingga tulang rahang. Jenis ruam layaknya ini disebut sebagai butterfly rash. Biasanya hal ini berjalan karena kulit mengalami sensitivitas pada cahaya.

2. Nyeri otot dan sendi
Rasa nyeri pada otot dan sendi umumnya keluar di pagi hari waktu bangun tidur. Selain nyeri, sendi termasuk mengalami pembengkakan dan menjadi kaku. Biasanya anggota yang terkena yaitu pergelangan tangan, buku-buku jari, dan jari-jari. Nyeri sendi pada lupus umumnya cuma keluar di satu segi tangan saja.
Selain itu, pembengkakan dan rasa nyeri ini cenderung berkunjung dan pergi, tidak bertambah parah dari hari ke hari layaknya rematik.

3. Nyeri dada
Lupus dapat membuat peradangan pada selaput yang melapisi paru-paru dan jantung. Akibatnya, orang yang mengidap lupus akan merasakan nyeri dada dan sesak napas.

4. Mudah lelah
Lupus merupakan penyakit yang dapat membuat masalah pada sel-sel darah. Misalnya jumlah sel darah putih yang benar-benar rendah, trombosit darah yang benar-benar rendah, atau sel darah merah yang rendah hingga membuat anemia.

Akibatnya, tubuh menjadi gampang letih dan kurang bergairah. Tak cuma itu, tubuh yang diserang lupus termasuk lebih gampang letih karena beraneka organ tubuh Anda fungsinya menjadi terganggu.

5. Masalah pada ginjal
Ginjal menjadi tidak benar satu organ tubuh yang dapat mengalami komplikasi akibat lupus. Para pakar berpendapat hal ini dikaitkan bersama dengan sel antibodi yang harusnya menjaga tubuh justru berbalik menyerang tubuh, tidak benar satunya ginjal. Kondisi ini kadang waktu membuat kerusakan permanen pada ginjal.

Salah satu tanda-tanda lupus yang membuat masalah pada ginjal, antara lain kenaikan berat badan, pergelangan kaki bengkak, tekanan darah tinggi, dan penurunan kegunaan ginjal.

6. Gangguan mental dan kegunaan otak
Jika seseorang mengidap lupus, proses saraf pusatnya akan terganggu. Kondisi ini membuat beraneka masalah mental layaknya depresi, cemas, rasa takut, hingga kebingungan yang tidak beralasan.

Tak cuma itu, lupus termasuk dapat menyerang otak yang dapat membuat seseorang menjadi kejang dan kehilangan ingatan untuk sementara. Oleh karena itu, kalau Anda mengalami hal ini disertai tanda-tanda lupus lainnya, segera konsultasikan ke dokter untuk meyakinkan penyebabnya.

7. Demam
Orang yang terkena lupus sering kali mengalami demam yang umumnya lebih dari 38 derajat celcius. Hal ini berjalan sebagai respons tubuh pada peradangan dan infeksi.

Oleh karena itu, suhu tubuh akan meningkat melebihi normal. Jika demam tidak kunjung turun sepanjang berhari-hari, Anda perlu segera menemui dokter untuk meminta diagnosis yang pas perihal keadaan Anda waktu ini.

8. Berat badan turun secara tiba-tiba
Penurunan berat badan secara tiba-tiba tanpa karena yang paham dapat menjadi tidak benar satu isyarat penyakit serius. Pada lupus, hal ini disebabkan oleh proses kekebalan tubuh yang terganggu yang pada akhirnya mempengaruhi tiroid dan hormon tertentu.

Akibatnya, Anda dapat kehilangan berat badan sebanyak beberapa kilogram tanpa alasan yang jelas.

9. Rambut yang menipis
Penipisan rambut menjadi tidak benar satu tanda-tanda lupus pada wanita akibat peradangan di kulit kepala. Biasanya hal ini termasuk disebabkan oleh kadar tiroid yang benar-benar rendah atau disebut termasuk hipotiroidisme.

Akibatnya, kerontokan menjadi berjalan secara perlahan. Selain itu, rambut termasuk umumnya menjadi lebih rapuh dan gampang patah.

10. Ulkus di mulut
Ulkus mulut menjadi tidak benar satu tanda-tanda lupus yang keluar di masa-masa awal. Biasanya, luka akan keluar di langit-langit mulut, gusi, di pipi anggota dalam, dan termasuk bibir. Luka ini tak selalu membuat nyeri, tapi dapat termasuk ditandai bersama dengan keadaan mulut yang kering.

Meski begitu, tidak seluruh orang akan mengalami kesepuluh tanda-tanda lupus di atas. Bisa jadi, beberapa orang cuma mengalami satu atau dua gejala. Itu sebabnya sukar menjadikan gejala-gejala ini sebagai acuan mutlak.

Hal yang terutama adalah Anda perlu peka pada tubuh Anda sendiri. Jangan sangsi untuk periksa ke dokter kalau Anda mengalami beraneka tanda-tanda yang tidak biasa dan keluar tanpa penyebab yang jelas.