Harga Kabel LAN Yang Lebih Murah Dari WiFi

Ketika Anda memikirkan jaringan rumah, pikiran Anda secara alami beralih ke Wi-Fi dan kemampuan untuk memindahkan data ke seluruh rumah atau apartemen hanya melalui udara tipis. Ada cara lain yang, untuk beberapa skenario, tidak hanya harga kabel LAN lebih mudah dan lebih andal, tetapi juga berpotensi lebih cepat: gunakan kabel Ethernet untuk memindahkan data ke sana kemari.

Lagi pula, bahkan router Wi-Fi terbaik pun memiliki port Ethernet (sering tidak digunakan) yang, dengan kabel yang tepat, dapat secara rutin bergerak ke atas 1 Gigabit per detik (Gbps) dan sejauh 330 kaki, melebihi kemampuan Wi-Fi. Sementara keluarga saya menghubungkan ponsel, tablet, dan notebooknya melalui Wi-Fi, kami juga menggunakan jaringan kabel untuk printer, pemindai, titik akses, penyimpanan jaringan, dan radio internet. Dan kabel Ethernet yang sederhana, tetapi sering kali kurang dipahami itulah yang membuatnya berfungsi.

  • Router Wi-Fi 6: Yang Dapat Anda Beli Sekarang (dan Segera)
  • Temukan modem kabel terbaik untuk rumah Anda

Tidak ada yang lebih memuaskan dari klik yang memuaskan saat konektor RJ-45 kabel Ethernet terpasang di tempatnya, siap untuk memindahkan data. Pada tingkat paling dasar, mendapatkan kecepatan tertinggi dari jaringan kabel bergantung pada tiga hal: kecepatan router, kemampuan perangkat yang menggunakan data dan, tentu saja, kapasitas pembawa data kabel.

Tetapi semua kabel Ethernet tidak dibuat sama. Dalam artikel ini saya akan menjelaskan kapasitas dan konstruksi dari delapan kelas kabel utama. Evolusi kabel ternyata sangat cepat, dengan kemampuan untuk mengirimkan data meningkat dengan faktor lebih dari 10.000.

Dengan semua perubahan tersebut, satu hal yang konstan adalah bahwa setiap generasi pemasangan kabel membutuhkan frekuensi yang lebih tinggi dan lebih tinggi yang dapat membawa jumlah data yang lebih banyak dan lebih banyak. Sepanjang jalan, hal ini menambahkan kebutuhan akan isolasi dan pelindung yang lebih baik untuk mengurangi gangguan.

Kabel LAN Terbaik

Setel Mesin Wayback ke akhir 1980-an. Rambut lebih besar, bahu empuk dan para penggiat jejaring awal menggunakan kabel koaksial atau yang kemudian disebut kabel Kategori 1. Juga disebut kabel tingkat suara, umumnya terdiri dari kabel telepon berinsulasi yang dipilin berpasangan untuk mengurangi crosstalk dan ditutup dengan jaket plastik. Mampu membawa sinyal 10KHz, kabel Kategori 1 dapat mengirimkan hingga 1Mbps data untuk penggiat jejaring awal. Standar ini memberi jalan ke pengkabelan Kategori 2, yang membawa 4Mbps dengan sinyal 1MHz.

Maju cepat ke awal 1990-an dan kabel Kategori 3, yang sering disebut kabel jaringan modern pertama, meningkatkan frekuensi kabel menjadi 16MHz dan kinerja Ethernet menjadi 10Mbps. Sebaliknya, kabel Kategori 4 mendorong ini ke 20Mhz dan kira-kira 16Mbps tetapi digunakan untuk Token Ring – bukan jaringan Ethernet.

Tahun 1995 tidak hanya membawa Microsoft Windows 95 tetapi juga kabel Kategori 5. Ini dapat menyampaikan data 100Mbps dengan andal pada frekuensi 100MHz selama 330 kaki. Segera setelah itu, kabel Cat 5e muncul dengan kemampuan untuk mempercepat data dengan throughput 1Gbps.

Kabel kategori 6 muncul pada awal abad ke-21 dan tetap populer di kalangan pengguna jaringan rumah. Kategori 6 berjalan hingga 250MHz dan terkadang menggunakan pelindung di sekitar bundel kabel pembawa data untuk mengurangi interferensi. Mampu bergerak hingga 1Gbps selama 330 kaki, atau 10Gbps untuk sekitar setengahnya, Cat 6A meningkatkan spesifikasi menjadi 500MHz untuk throughput 1Gbps 330 kaki. (Lihat primer kami tentang internet berkecepatan Gigabit untuk mempelajari mengapa ambang batas 1Gbps itu sangat penting.)

Meskipun tidak diakui oleh Telecommunications Industry Association (TIA), kabel Kategori 7 memulai debutnya pada tahun 2010 dan ditujukan untuk pusat data dan ruang server di mana kecepatan tertinggi diperhitungkan. Setiap kabel memiliki pelindung ganda: di sekitar setiap pasang kabel dan pelindung keseluruhan di sekitar seluruh bundel kabel. Isolasi ekstra ini diperlukan karena frekuensi 600MHz yang digunakan dapat mendorong maksimal 10Gbps pada 330 kaki. Baru-baru ini, pengenalan kabel Cat 7A meningkatkan kecepatan hingga 1GHz dan throughput hingga 40Gbps, tetapi mencapai 165 kaki.

Fungsi Kabel LAN

Kabel Jaringan Area Lokal, atau LAN, dirancang untuk koneksi komputer. Melalui penggunaan satu Anda dapat menghubungkan dua PC secara bersamaan. Prosesnya relatif mudah karena Anda mengambil salah satu ujung kabel dan menyambungkannya ke port komputer sambil melakukan hal yang sama dengan PC lainnya.

Fungsi Kabel LANĀ  ini adalah digunakan untuk kinerja internet yang lebih baik. Kabelnya tidak hanya untuk digunakan di rumah. Mereka juga dapat digunakan dalam bisnis. Alasan konsumen menggunakan kabel jenis ini adalah karena kualitasnya. Mereka bekerja lebih cepat sambil menyediakan koneksi yang konsisten.

Ada dua tipe utama kabel, kabel dan nirkabel. Perhatikan perbedaan antara keduanya:

  • Berkabel – Ini biasanya digunakan dalam pengaturan seperti bisnis di mana terdapat banyak komputer yang terhubung. Kabel Ethernet diperlukan untuk opsi ini untuk menghubungkan semua PC secara fisik.
  • Nirkabel – Metode ini mematikan sinyal nirkabel dan dapat dihubungkan dengan perangkat keras berkabel atau nirkabel.
  • Kabel ethernet dapat dibeli secara online atau di toko mana pun yang mengkhususkan diri pada elektronik. Mereka dikenal karena kemampuannya dalam berlari kencang dan memiliki durasi yang lama. Berikut ini beberapa jenis kabel:
  • Kategori 5 ditingkatkan – Jenis ini mengambil alih instalasi lain karena menjadi semakin populer. Ini populer karena memiliki kapasitas untuk menangani lebih banyak transmisi data.
  • Kategori 5 – Ini adalah yang paling mendasar dan diketahui memiliki beberapa varietas. Perusahaan menggunakan jenis ini karena dapat menahan data apa pun yang perlu menempuh jarak yang lebih jauh.
  • Kategori 6 – Ini adalah jenis kabel terbaik karena kinerjanya tinggi dan memberikan kinerja terbaik. Kabel ini juga kompatibel dengan kabel lain yang sudah ada. Kategori 6 adalah yang terkuat dan dibangun untuk bertahan selamanya.

Penyelesaian masalah

Meskipun jenis kabel ini kuat dan konsisten, ada kalanya PC akan memberi tahu Anda bahwa tidak ada koneksi internet meskipun modem Anda dan yang lainnya berfungsi dengan baik. Anda bertanya-tanya apa yang harus dilakukan dalam situasi ini. Berikut beberapa tip pemecahan masalah tentang cara menyelesaikan masalah:

  • Koneksi – Koneksi Anda mungkin tidak berfungsi karena kabel tidak bersentuhan satu sama lain. Anda memerlukan koneksi yang kuat antara keduanya untuk mendapatkan kecepatan secepat kilat dari PC Anda.
  • Kabel rusak – Kabel mengalami keausan. Ketika mereka menua, mereka retak dan ini bisa menjelaskan koneksi yang hilang. Kabel yang teriris secara tidak sengaja juga bisa menjadi alasan mengapa hal ini bisa terjadi.
  • Port salah – Kabel Anda harus diletakkan di port yang benar atau Anda tidak akan dapat menggunakan koneksi PC Anda. Jika mereka berada di port yang salah, Anda tidak akan melihat lampu hijau seperti saat ada koneksi yang benar.

Kabel LAN bertanggung jawab untuk koneksi komputer di bisnis dan rumah. Ini penting untuk masa depan karena teknologi terus berkembang.