Manfaat Buah Nangka untuk Ibu Hamil

manfaat buah nangka untuk ibu hamil – Saat hamil, kebutuhan nutrisi, vitamin dan mineral tubuh mama bakal meningkat lebih tinggi dibandingkan biasanya. Konsumsi sumber vitamin pun jadi penting.
Termasuk keliru satunya dari buah-buahan, seperti nangka. Buah dengan daging berwarna kuning dan rasa manis khas ini dapat jadi keliru satu sumber vitamin untuk Mama, lho.

Manfaat Buah Nangka untuk Ibu Hamil

Sayangnya, nangka seringkali disebut-sebut tidak aman untuk dimakan oleh ibu hamil. Terutama karena efek samping yang dimilikinya. Padahal jikalau dikonsumsi secara lumrah dan tidak berlebihan, buah nangka juga berfaedah bagi ibu hamil.
Jadi bolehkah ibu hamil makan nangka? Yuk Ma cek dulu fakta-fakta mengenai buah nangka !

1. Kandungan nutrisi dan vitamin di dalam nangka
Nangka dikenal sebagai keliru satu buah yang punyai kandungan vitamin dan mineral tinggi. Buah nangka diketahui punyai 155 kalori per cangkirnya.
Buah ini juga mempunyai kandungan lemak jenuh, kolesterol dan natrium yang terlalu rendah. Hal ini membawa dampak nangka jadi keliru satu buah yang baik untuk dikonsumsi.
Perlu Mama ketahui juga bahwa buah nangka mempunyai kandungan asam folat, tiamin, niasin, riboflavin, vitamin C dan vitamin A. Seiring dengan itu, sejumlah mineral seperti mangan, kalium, besi, dan kalsium juga ada di di dalam buah nangka.
Serat yang ada di dalam buah nangka juga berperan penting di dalam memelihara kebugaran proses pencernaan.
Kandungan gula di dalam nangka juga terlalu sedikit, supaya baik untuk dikonsumsi ibu hamil yang berisiko diabetes gestasional. Berbagai kandungan vitamin dan mineral di dalam nangka membuatnya jadi camilan sehat dengan karakter antimikroba dan antikanker.

2. Keamanan makan nangka bagi ibu hamil
Meski informasi mengenai tingginya kandungan vitamin dan mineral di dalam nangka udah banyak dikenal, namun tak sedikit ibu hamil yang curiga mengkonsumsi buah selanjutnya karena khawatir bakal efek sampingnya.
Padahal sejauh ini, belum ada penelitian maupun literatur yang mengungkap bahwa ada kaitan pada mengkonsumsi nangka dengan efek buruk pada kehamilan.
Salah satunya disebutkan bahwa makan nangka dapat membawa dampak ibu hamil keguguran. Padahal belum terbukti secara ilmiah kandungan di dalam nangka yang dapat membawa dampak keguguran.
Bisa dikatakan informasi-informasi selanjutnya hanya mitos belaka. Yang terpenting, mengkonsumsi buah ini mestinya saja dan tidak terlalu berlebih ya, Ma.manfaat buah nangka untuk ibu hamil

3. kegunaan nangka untuk ibu hamil
Konsumsi buah nangka sebenarnya justru dapat memberikan berbagai macam manfaat bagi ibu hamil, juga keliru satunya untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan di trimester ke dua dan ketiga.
Apa saja ya manfaat makan nangka untuk ibu hamil?

Mengurangi tekanan darah
Tekanan darah yang naik terlalu tinggi selama hamil dapat membahayakan kebugaran mama maupun janin. Nah, makan nangka diketahui dapat membantu memelihara tekanan darah tetap terkendali.

Menjadi sumber energi
Kehamilan dapat membawa dampak ibu hamil sering menjadi lemas dan lesu karena meningkatnya kebutuhan energi. Jika Mama juga mengalaminya, makan nangka dapat mengembalikan motivasi karena jadi sumber kekuatan yang baik.

Menyehatkan proses pencernaan
Kandungan serat di dalam nangka lumayan untuk memenuhi nyaris 10 % dari asupan serat harian. Kondisi ini membantu melancarkan pergerakan usus, menghindar sembelit, dan mengoptimalkan proses pencernaan.

Memenuhi kebutuhan vitamin untuk janin
Vitamin A, vitamin C, folat, zat besi, dan banyak senyawa lainnya di dalam nangka memainkan peran penting di dalam tumbuh kembang janin.

Mengoptimalkan proses imun
Kandugan vitamin C yang dimiliki nangka juga dapat membantu memperkuat proses kekebalan tubuh mama waktu hamil.

4. Efek makan nangka secara berlebihan
Meski punyai segudang manfaat, tetap saja segala suatu hal yang dikonsumsi secara terlalu berlebih tidak baik untuk kesehatan, Ma. Termasuk mengkonsumsi buah nangka waktu hamil.

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan waktu ibu hamil hendak mengkonsumsi buah nangka. Agar aman, memperhatikan dulu riwayat dan situasi kebugaran kehamilan mama.

Jika Mama punyai masalah mengenai dengan transplantasi jaringan selama hamil, lebih baik jauhi mengkonsumsi buah nangka. Kemudian walaupun nangka rendah gula dan glukosa, namun jikalau dikonsumsi terus-terusan jumlahnya tetap dapat meningkat.

Selain itu, mengkonsumsi buah nangka di dalam jumlah yang terlalu berlebih dan berkelanjutan juga dapat membawa dampak diare karena condong bertindak sebagai pencahar alami.

Sebagian perempuan juga diketahui dapat mengalami alergi nangka, yang lantas menimbulkan berbagai macam reaksi seperti gatal atau ruam. Hindari nangka jikalau Mama juga punyai riwayat ini, ya.

5. Cara aman mengkonsumsi nangka waktu hamil
Nangka dapat dikonsumsi di dalam berbagai bentuk, baik di dalam wujud buah potong biasa atau wujud lainnya.
Selain dimakan langsung, ibu hamil juga dapat mengkonsumsi nangka di dalam wujud olahan seperti keripik. Tapi tetap ingat untuk mengkonsumsi makanan ini secukupnya saja, ya.
Apabila Mama hendak membeli nangka, pilihlah buah nangka yang beraroma kuat, dagingnya berwarna kuning cerah dan punyai tekstur daging yang padat dan juga kenyal. Nangka yang udah matang dan tua tentu bakal punyai rasa yang manis dan tidak bergetah terlalu banyak.
Itulah jawaban dari pertanyaan bolehkah ibu hamil makan nangka. Kesimpulannya, mengkonsumsi buah nangka yang dapat membawa dampak keguguran hanya mitos dan belum punyai bukti ilmiah. Konsumsi buah nangka di dalam jumlah yang lumayan baik bagi kesehatan, waktu jikalau terlalu berlebih dapat menimbulkan beberapa efek samping tertentu.
Manfaat Lain Mengkonsumsi Nangka untuk Ibu Hamil
1. Mengurangi Mual
Bolehkah ibu hamil makan nangka? Ternyata, Journal of Ethnic Foods menyebutkan, sumber makanan yang punyai vitamin dan mineral terbaik untuk ibu hamil didapatkan dari sayuran dan buah-buahan.

Rutin mengkonsumsi buah-buahan ternyata dapat kurangi rasa mual dan baik untuk membantu perkembangan dan perkembangan janin.

Nah, ketika hamil, sebenarnya aman saja untuk mengkonsumsi buah nangka. Meskipun dapat dikatakan, buah ini punyai aroma yang kuat, seperti halnya durian dan nanas.

Hal ini dikhawatirkan dapat membawa dampak Moms justru jadi mual dan memperparah morning sickness yang sering dialami waktu trimester pertama.

Namun, apabila Moms udah tidak sering mual dan muntah lagi selama kehamilan, rasanya aman untuk mengkonsumsi nangka asalkan tidak terlalu berlebih jumlahnya tiap tiap hari.

2. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Dilansir dari US Department of Agriculture, ada beberapa kandungan nutrisi untuk ibu hamil yang makan nangka.

Kandungannya di antaranya adalah protein, asam folat, berbagai tipe vitamin, kalsium, magnesium, dan zat besi.

Nangka yang kaya vitamin A, B, dan C membantu memperkuat proses kekebalan tubuh. Hal ini menurunkan risiko alami infeksi selama kehamilan.

3. Baik Bagi Tekanan Darah dan Tulang Ibu Hamil
Nangka juga jadi sumber kalium yang baik supaya dapat menurunkan tekanan darah. Pada ibu hamil makan nangka di dalam jumlah sedang, bakal merasakan manfaat ini.

Kandungan magnesium di dalam nangka dapat menaikkan kebugaran tulang pada Moms dan janin di kandungan. Hal ini juga dapat menurunkan risiko osteoporosis.

Baca Juga: 9 Khasiat Buah Delima untuk Perencanaan Kehamilan

4. Kaya Akan Asam Folat
Tidak kalah penting, kandungan folat dan zat besi di dalam nangka juga dapat menormalkan kandungan hemoglobin dan menghindar anemia.

Seperti yang sering diketahui pula, folat baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Ini jadi manfaat lain ibu hamil makan nangka.

“Ibu hamil yang mengkonsumsi asam folat tiap tiap hari sebelum dan selama kehamilan dapat kurangi risiko cacat tabung saraf, cacat lahir pada otak atau tulang belakang,” ujar Dr. Nancy C. Lee wakil asisten sekretaris kebugaran dari United States Department of Health plus Human Services.

5. Membantu Melawan Rasa Kelelahan
Kehamilan dapat terlalu melelahkan bagi seorang wanita, mungkin juga untuk Moms pula. Jika Moms sedang hamil, mungkin menjadi malas atau lelah karena bakal membantu bayi.

Mengutip Parenting First Cry, ibu hamil yang makan nangka bakal merasakan manfaat dengan mendapatkan kekuatan dan menghindar kelelahan.

6. Membantu Menurunkan Stres
Kehamilan sembilan bulan dapat dengan gampang membawa dampak Moms stres, dan hal ini tidak baik untuk Moms atau Si Kecil. Jika menjadi stres, Moms dapat bermeditasi atau mencoba yoga.

Bisa juga bagi ibu hamil makan nangka untuk menurunkan stres di jaman kehamilan. Biji nangka terlalu berfaedah karena mempunyai kandungan protein dan berbagai mikronutrien lainnya, yang membantu mengelola stres.

Tetapi, biji nangka mesti dimakan matang, dan tidak mentah. Mengutip Science Direct, biji nangka mentah mempunyai kandungan trypsin inhibitor, yang memperlambat atau menghindar pencernaan protein di dalam tubuh.manfaat buah nangka untuk ibu hamil