Oleh-oleh Khas Medan Selain Makanan Yang Unik

Oleh-oleh Khas Medan Selain Makanan – Berkunjung ke pulau Sumatera tentunya amat kurang rasanya kalau tidak berkunjung ke provinsi Sumatera Utara dan berkunjung ke Ibukotanya, apalagi kalau bukan Medan. Medan sendiri adalah ibu kota provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Kota ini adalah kota terbesar ketiga di Indonesia sesudah Jakarta dan Surabaya, serta kota terbesar di luar Pulau Jawa. Iniah kenapa Kamu mesti berkunjung ke kota ini.

Medan adalah kota multietnis yang penduduknya terdiri dari orang-orang dengan latar belakang tradisi dan agama yang berbeda-beda. Selain Melayu dan Karo sebagai penghuni permulaan, Medan didominasi oleh etnis Jawa, Batak, Tionghoa, Minangkabau, Mandailing, dan India. Mayoritas penduduk Medan bekerja di sektor perdagangan, sehingga banyak ditemukan ruko di beraneka sudut kota. Ada beraneka makanan di Medan yang bisa dihasilkan oleh-oleh, melainkan masih ada oeh-oleh yang lebih menarik kecuali makanan di kota ini.

Jika Anda keder apa saja oleh-oleh khas Medan selain makanan, berikut ini adalah beberapa saran yang bisa kamu pertimbangkan.

Kain Ulos

Kain ulos, adalah salah satu oleh-oleh khas Medan selain makanan yang pertama yang bisa aku sarankan kepada kamu. Oleh-oleh yang satu ini adalah kain tradisional dari Medan yang memang amat bisa kamu jadikan oleh-oleh kepada sanak family kamu maupun untuk kerabat kamu di kampung halaman kamu. Dijamin deh, mereka akan suka dengan kain ulos yang satu ini.

Ulos sendiri mempunyai makna kain. Ini adalah kain tradisional yang adalah khas dari suku Batak yang masih dihasilkan denga cara tradisional hingga saat ini, adalah dengan cara ditentun dengan motif dan warna yang tertentu. Kain ini mempunyai format yang besr dan kelihatan seperti selendang, dan juga ada yang lebih kecil seperti sajadah.

Ulos sendiri mempunyai filosofi beri sayang. Ini juga adalah kain yang amat unik karena motifnya yang amat beraneka dan pastinya dengan cara pembuatan yang amat kompleks dan membutuhkan waktu yang amat lama dalam pembuatannya.

Motif-motif yang terdapat pada oleh-oleh barang khas Medan ini adalah Ulos Ragidup, yang dipajang di dinding rumah lalu ada Ulos Ragihotang yang sesuai untuk acara pernikahan. Ulos Mangiring yang cuma diterapkan oleh tetua, dan ada Ulos Giun Hinar-Haran yang diterapkan saat ada kematian. Terakhir ada pola dengan nama Ulos Abit Godang yang mempunyai makna pengharapan dan kebahagian.

Batik Medan

Masih sama adalah untuk kebutuhan kain, Medan juga menaruh kekayaan tradisi yang amat banyak. Ada lagi yang namanya Batik Medan. Memang, batik ini bukan asli kebudayaan Batak, melainkan beberapa tahun ini, Batik dari Medan memang menjadi incaran banyak orang karena motifnya yang memang unik dan amat bisa dihasilkan oleh-oleh yang amat bagus.

Motif batik dari Kota Medan ini pada dasarnya terinspirasi kebudayaan yang ada di masyarakat sekitar seperti mengambil dari tiap-tiap suku yang ada di Provinsi Sumatera Utara adalah seperti Tapanuli Utara (Toba), Mandailing, Karo, Simalungun, Pakpak Dairi dan Tapanuli Tengah.

Masih ada banyak motif batik dari Medan yang amat beraneka, yang tentunya bisa membuat kamu terpikat. Berminat dengan batik khas Medan ini yang bisa dihasilkan oleh-oleh untuk keluarga dan juga teman kamu di rumah?

Oleh-oleh Khas Medang Selain Makanan: Kopi Sidikalang

Setelah kain batik dan juga kain Ulos, saatnya membawa oleh-oleh yang amat digemari oleh banyak orang, secara khusus adalah kaum lelaki. Apalagi kalau bukan kopi. Kopi bukan termasuk makanan bukan? Jika kamu ingin membawa oleh-oleh kopi dari Medan, kamu mesti memilih Kopi Sidikalang!

Kopi Sidikalang ini memang amat JOSS! Kadar kafeinnya memang amat bisa kamu ajak untuk begadang dan konsisten melek untuk kamu yang memang saat sedang kerja kerap kali mengantuk. Kopi ini adalah solusinya supaya kamu konsisten melek dan bisa berkesibukan dengan hening.