Penyakit Akibat Duduk Telalu Lama , Yuk Cari Tahu !

penyakit akibat duduk telalu lama – Orang-orang yang berada di umur produktif wajib berhadapan bersama tradisi duduk amat lama. Ya, entah itu untuk bekerja di depan layar komputer ataupun sekadar ngobrol dan makan and ngopi bareng kerabat.

Sama layaknya berdiri atau rebahan, duduk itu sendiri sebenarnya bukan aktivitas yang mengganggu kesehatan. Duduk baru mampu memberikan efek tidak baik pada Anda sekiranya dijalankan amat lama, apalagi bersama posisi yang sama.

Penyakit Akibat Duduk Telalu Lama

Akibat Terlalu Lama Duduk, Ragam Gangguan Ini Bisa Terjadi!
Efek tidak baik berasal dari duduk amat lama bukan hanya pegal-pegal, lho. Duduk dalam posisi statis, selanjutnya bersama postur tubuh yang tidak baik dan gerakan berulang, mampu mengganggu kesegaran otot dan tulang.

Kita pun bisa saja sebenarnya udah jelas akibat amat lama duduk. Mau tak mau, itu sebenarnya wajib dijalankan karena tuntutan pekerjaan.

Boro-boro senang olahraga atau peregangan di atas matras, terkadang, senang membuang air kecil saja rasanya layaknya tak sempat, kan?

Artikel Lainnya: Awas, Terlalu Lama Duduk Bisa Picu Gangguan Saluran Kemih!

Kendati demikian, bukan berarti Anda menyerah begitu saja dan tak mencari solusi apa pun. Sebab, terkecuali dibiarkan terus-menerus, duduk amat lama mampu sebabkan sebagian kasus kesehatan, seperti:

Nyeri leher dan bahu.
Perlambatan metabolisme.
Kolesterol tinggi.
Obesitas.
Gangguan fungsi sendi, ligamen, otot, saraf dan tendon, serta tulang belakang (muskuloskeletal).
Stres.
Nyeri punggung bawah.
Kesemutan, mati rasa (kebas), dan lemas karena saraf di pergelangan tangan terhimpit atau tertekan (Carpal tunnel syndrome).
Selain itu, studi yang dijalankan di Amerika Serikat menyebutkan, duduk dalam jangka selagi yang lebih berasal dari 4 jam tiap-tiap hari mampu meningkatkan risiko kematian hingga 50%.

Bahkan, risiko terkena penyakit jantung terhitung mampu meningkat hingga 125%! Tinggi sekali, bukan?

Untuk efek yang satu ini bisa saja mampu buat keyakinan diri wanita menurun. Itu karena, amat lama duduk di kursi mampu pengaruhi wujud bokong. Tonus otot mampu menyusut dan sebabkan wujud bokong tidak memuat dengan kata lain tepos.penyakit akibat duduk telalu lama

Gerakan Peregangan di Kantor
Tentu Anda tak senang tradisi duduk amat lama itu membuahkan malapetaka di lantas hari. Agar terhindar berasal dari beraneka risiko di atas, berikut ini tersedia gerakan peregangan di tempat kerja yang mampu bersama mudah Anda praktikkan:

Silangkan satu segi lengan Anda ke bahu sebaliknya. Untuk peregangan yang lebih kuat, Anda mampu mendorong siku gunakan lengan yang lain.
Anda akan merasakan regangan pada segi lengan anggota luar dan bahu. Tahan sepanjang 30 detik, selanjutnya ulangilah 2-3 kali pada tiap-tiap lengan.
Sambil duduk, bawa ke dua lengan Anda ke belakang layaknya hendak memeluk kursi. Pastikan Anda mampu menggenggam ke dua tangan Anda.
Untuk peregangan tambahan, tegakkan punggung ke dan majukan dada. Lakukan tiap-tiap peregangan sepanjang 30 detik dan ulangilah sebanyak 5 kali.

Untuk meregangkan punggung, kaitkan ke dua tangan dan angkat tinggi-tinggi. Kepala dan telapak tangan yang dikaitkan menghadap ke atas.
Duduk tegak dan dorong telapak tangan Anda ke atas semaksimal mungkin. Anda akan merasakan adanya regangan pada otot punggung.

Pastikan bahu Anda tidak kaku dan jaga senantiasa rileks. Tahan sepanjang 10 detik, ulangilah sebanyak 5 kali.

Berdiri di belakang kursi Anda, selanjutnya jinjit-jinjitkan ke dua kaki sebanyak 20 kali. Pastikan ke dua tungkai Anda senantiasa lurus dan sewaktu jinjit, kencangkan ke dua betis Anda.
Peregangan ini berguna untuk ke dua betis yang capek akibat duduk amat lama.

 

Saat duduk, luruskan ke dua kaki Anda dan lakukan posisi layaknya membungkuk ke arah jari-jari kaki. Pastikan punggung Anda senantiasa lurus. Tahan sepanjang 30 detik, ulangilah 3-5 kali.

Angkat ke dua lengan Anda di atas kepala, bawa pergelangan tangan ke arah berlawan layaknya yang ditampilkan gambar. Tahan sepanjang 30 detik, ulangilah 3-5 kali pada tiap-tiap sisi.

Silangkan kaki yang satu di atas kaki yang satunya lagi. Kemudian, belokkan tubuh Anda ke segi kaki yang berada di atas.
Misalnya, terkecuali Anda menyilangkan kaki bersama kaki kanan di atas, maka belokkan tubuh Anda ke arah kanan. Anda terhitung mampu gunakan segi tangan kursi untuk peregangan yang lebih maksimal. Tahan sepanjang 30 detik, ulangilah 3 kali pada masing-masing sisi.

Silangkan satu segi lengan ke arah belakang dan tekuk siku. Lengan anggota bawah akan mengarah ke luar.
Untuk peregangan maksimal pada otot triseps, berikan impuls maksimal. Tahan sepanjang 30 detik dan ulangilah 3-5 kali pada tiap-tiap lengan.

Satukan ke dua telapak tangan (sambil saling berikan tekanan) pas di depan dada dan tahan sepanjang 15 detik.
Lakukan terhitung pada segi sebaliknya. Tekan anggota segi belakang tangan Anda untuk meregangkan pergelangan tangan. Tahan sepanjang 15 detik. Ulangi sepanjang 5 kali.

Jangan Lupa Regangkan Jari dan Pinggang!
Jari-jari pun mampu capek karena dipakai untuk mengetik terus. Adapun senam jari yang mampu Anda lakukan, yakni:

Buat posisi lengan lurus ke depan, selanjutnya membuka telapak tangan, dan ibu jari menunjuk ke atas.
Lipat ibu jari ke dalam telapak tangan Anda, selanjutnya rekatkan jari lainnya ke kepalan tangan.
Gerakkan jari-jari layaknya meremas. Setelah 2-3 detik, kembali ke posisi awal dan ulangilah sebagian kali sesuai kebutuhan.
Sementara itu, untuk menahan linu pada pinggang dan pinggul, cobalah berbaring telentang sambil memposisikan tangan di samping tubuh.

Kemudian, cobalah untuk mengangkat kaki kiri dan kanan secara bergantian tanpa menekuknya. Jika menjadi sulit, Anda mampu gunakan pemberian tali atau handuk untuk menarik kaki agar mampu tegak lurus ke atas.
Itu dia sebagian gerakan peregangan di kantor yang mampu Anda lakukan untuk menahan efek tidak baik berasal dari duduk amat lama. Peregangan di atas mampu Anda lakukan bersama mudah di mana pun dan tidak membutuhkan tempat yang luas.

Berdiri amat lama akibat tuntutan pekerjaan mampu menyebabkan sejumlah kasus kesehatan. Akan tetapi, Anda pasti tidak mampu langsung berhenti berasal dari pekerjaan Anda. Terdapat sebagian langkah untuk menahan penyakit akibat efek berdiri amat lama, yakni:

1. Duduk Secara Berkala
Sediakan kursi di dekat Anda, selanjutnya ambil selagi untuk duduk secara berkala. Usahakan agar tiap 30 menit, Anda mampu duduk setidaknya sepanjang sebagian menit.

Saat selagi istirahat tiba, gunakan bersama duduk di kursi, lepaskan alas kaki, dan posisikan kaki sedikit lebih tinggi (15 cm) berasal dari tempat duduk Anda. Postur layaknya ini mampu mendukung menahan penyakit peradangan pada otot, sendi, dan ligamen di kaki.

2. Rutin Ubah posisi
Cara jauhi efek negatif berdiri amat lama berikutnya adalah bersama merubah posisi secara rutin selagi berdiri. Regangkan otot-otot kaki, gerakkan kaki kanan dan kiri bergantian, ke depan atau ke belakang. Gerakan ini akan mendukung melancarkan aliran darah di tempat tersebut.

3. Gunakan Alas Kaki yang Tepat
Menurut International Labour Organization (ILO) atau Organisasi Buruh Internasional, penggunaan alas kaki yang pas mampu mendukung mengurangi tegangan di anggota punggung dan turunkan risiko pegal di tempat tersebut.

Agar efek berdiri amat lama mampu terhindar, gunakan sepatu yang lebar di anggota jari agar tidak menekan jari-jari Anda. Bila perlu, Anda boleh gunakan stocking untuk mendukung pembuluh darah vena senantiasa bersirkulasi bersama baik.

4. Jaga Berat Badan
Salah satu faktor yang menyebabkan rasa nyeri dan pegal sesudah berdiri amat lama adalah bobot tubuh yang besar. Kedua tungkai dan kaki akan jadi tumpuan untuk berat badan Anda. Karena itu, agar efek berdiri amat lama tidak terjadi, jagalah berat badan Anda senantiasa ideal.

Bila Anda mengalami obesitas atau kegemukan, mulailah lakukan olahraga dan menerapkan pola makan yang sehat untuk turunkan berat badan Anda.